Wednesday, October 5, 2016

Manajemen Public Relation Week 4 | 21.09.16

Tema Pertemuan ke-4 minggu ini membahas mengenai "Aksi & Komunikasi" :


Praktisi PR sebagai bagian dari tim manajemen sebuah organisasi harus terlibat dalam proses pembuatan keputusan untuk memastikan bahwa organisasi melakukan tindakan positif dan bertanggung jawab secara sosial. Tindakan ini kemudian menjadi sumber bagi banyak komunikasi organisasi.

DIFUSI

* Bagaimana cara ide-ide baru diadopsi dalam sebuah masyarakat
* Dua kategori karakteristik individu dari setiap audiensi target :
       a. Utama; Menengah; dan Moderat
       b. Laten; Sadar; dan Aktif 

  Sistem klasifikasi ini untuk membantu menentukan seberapa jauh sebuah publik siap 
  dan dapat merespon setiap aksi yang direncanakan 

Keterangan :
 
* Publik Utama : kelompok yang kepadanya sebuah aksi diarahkan
* Publik Menengah: individu memiliki kontak langsung dengan audiensi utama dan dapat 

  menyampaikan pesan kepada mereka
* Publik Moderat : kelompok yang berbagi tujuan yang sama atau filosofi pengarah yang 

  sama dan dapat memberi dampak pada publik utama 

* Publik Saten: tidak memiliki kesadaran akan kebutuhan untuk berubah.
* Publik Sadar: menyadari akan sebuah kebutuhan, tetapi tidak memiliki kemauan untuk 

  bertindak seperti menerima ide baru
* Publik Aktif : sadar dan siap untuk melakukan sesuatu 



ADA 5 LANGKAH YANG MENJELASKAN BAGAIMANA MANUSIA DIPENGARUHI UNTUK DAPAT BERUBAH

1. Kesadaran

    Sadar akan ide/praktek walau pengetahuan terbatas
2. Minat/ketertarikan

    Mulai mencari info ide itu lebih banyak
3. Evaluasi. 

    Mulai menerapkan ide pada situasi sendiri dan berusaha memperoleh banyak info serta 
    membuat keputusan untuk mengujicobakan ide baru tersebut
4. Percobaan. 

    Penerapan aktual dimulai. Biasanya pada skala kecil
5. Adopsi. 

    Segera setelah ide terbukti bermanfaat, maka akan diadopsi oleh audiensi target


5 SALURAN PENGARUH DASAR DALAM PROSES ADOPSI

1. Media massa 
2. Perantara bias. Mengambil keuntungan dari adopsi orang lain (misal : sales) 
3. Pihak ketiga yang tidak bias. Kelompok konsumen; agen pemerintah; yang memiliki 
    kredibilitas 
4. Orang penting lainnya. Teman, keluarga, dan orang lain
5. Pengalaman pribadi


MEMFASILITASI PROSES ADOPSI

* Two-step flow of information (opinion leaders dan followers)
* Multi-step flow of information
* Konsep manajemen stakeholder

  Stakeholders ---> para individu yang mempersepsi diri mereka sebagai seseorang yang 
  memiliki kepentingan dengan aksi dari organisasi

Tujuannya adalah diperolehnya kerja sama maksimal antara stakeholders dan tujuan organisasi.

* Praktisi PR merupakan komunikator kunci dalam sebuah organisasi.
* Menulis merupakan alat utama bagi kerja seoarang komunikator, tetapi praktisi harus 

  menguasai berbagai gaya penulisan.
* Struktur penulisan dengan piramida terbalik dipandang sebagai sesuatu yang penting 

  karena struktur ini digunakan oleh kebanyakan jurnalis. Gaya penulisan lain seperti 
  menulis untuk internet juga dipandang perlu untuk dikuasai.


TIPS MENULIS EFEKTIF

* Gunakan kata-kata singkat dan sederhana
* Gunakan kata, kalimat serta paragraf pendek dan sederhana
* Tulis dalam bentuk aktif bukan pasif
* Hindari penggunaan slang dan jargon
* Gunakan kata sifat dan kata kerja dengan hemat
* Persingkatlah
* Spesifiklah, Sampaikan alasan atas opini anda



PEMILIHAN MEDIA

* Media terkontrol. Publikasi internal; surat langsung; poster; dan iklan
* Media tidak terkontrol. Surat kabar; TV; dan radio



3 PERTIMBANGAN DASAR DARI PEMILIHAN MEDIA

* Audiensi
* Waktu yang tepat
* Anggaran 



Sumber : Materi Presentasi Pak Zamzamy

No comments:

Post a Comment