Tema Pertemuan ke-4 minggu ini membahas mengenai "Aksi & Komunikasi" :
Praktisi PR sebagai bagian dari tim manajemen sebuah organisasi harus terlibat dalam proses pembuatan keputusan untuk memastikan bahwa organisasi melakukan tindakan positif dan bertanggung jawab secara sosial. Tindakan ini kemudian menjadi sumber bagi banyak komunikasi organisasi.
DIFUSI
* Bagaimana cara ide-ide baru diadopsi dalam sebuah masyarakat
* Dua kategori karakteristik individu dari setiap audiensi target :
a. Utama; Menengah; dan Moderat
b. Laten; Sadar; dan Aktif
Sistem klasifikasi ini untuk membantu menentukan seberapa jauh sebuah publik siap
dan dapat merespon setiap aksi yang direncanakan
Keterangan :
* Publik Menengah: individu memiliki kontak langsung dengan audiensi utama dan dapat
menyampaikan pesan kepada mereka
* Publik Moderat : kelompok yang berbagi tujuan yang sama atau filosofi pengarah yang
sama dan dapat memberi dampak pada publik utama
* Publik Saten: tidak memiliki kesadaran akan kebutuhan untuk berubah.
* Publik Sadar: menyadari akan sebuah kebutuhan, tetapi tidak memiliki kemauan untuk
bertindak seperti menerima ide baru
* Publik Aktif : sadar dan siap untuk melakukan sesuatu
ADA 5 LANGKAH YANG MENJELASKAN BAGAIMANA MANUSIA DIPENGARUHI UNTUK DAPAT BERUBAH
1. Kesadaran
Sadar akan ide/praktek walau pengetahuan terbatas
2. Minat/ketertarikan
Mulai mencari info ide itu lebih banyak
3. Evaluasi.
Mulai menerapkan ide pada situasi sendiri dan berusaha memperoleh banyak info serta
membuat keputusan untuk mengujicobakan ide baru tersebut
4. Percobaan.
Penerapan aktual dimulai. Biasanya pada skala kecil
5. Adopsi.
Segera setelah ide terbukti bermanfaat, maka akan diadopsi oleh audiensi target
5 SALURAN PENGARUH DASAR DALAM PROSES ADOPSI
1. Media massa
2. Perantara bias. Mengambil keuntungan dari adopsi orang lain (misal : sales)
3. Pihak ketiga yang tidak bias. Kelompok konsumen; agen pemerintah; yang memiliki
kredibilitas
4. Orang penting lainnya. Teman, keluarga, dan orang lain
5. Pengalaman pribadi
MEMFASILITASI PROSES ADOPSI
* Two-step flow of information (opinion leaders dan followers)
* Multi-step flow of information
* Konsep manajemen stakeholder
Stakeholders ---> para individu yang mempersepsi diri mereka sebagai seseorang yang
memiliki kepentingan dengan aksi dari organisasi
Tujuannya adalah diperolehnya kerja sama maksimal antara stakeholders dan tujuan organisasi.
* Praktisi PR merupakan komunikator kunci dalam sebuah organisasi.
* Menulis merupakan alat utama bagi kerja seoarang komunikator, tetapi praktisi harus
menguasai berbagai gaya penulisan.
* Struktur penulisan dengan piramida terbalik dipandang sebagai sesuatu yang penting
karena struktur ini digunakan oleh kebanyakan jurnalis. Gaya penulisan lain seperti
menulis untuk internet juga dipandang perlu untuk dikuasai.
TIPS MENULIS EFEKTIF
* Gunakan kata-kata singkat dan sederhana
* Gunakan kata, kalimat serta paragraf pendek dan sederhana
* Tulis dalam bentuk aktif bukan pasif
* Hindari penggunaan slang dan jargon
* Gunakan kata sifat dan kata kerja dengan hemat
* Persingkatlah
* Spesifiklah, Sampaikan alasan atas opini anda
PEMILIHAN MEDIA
* Media terkontrol. Publikasi internal; surat langsung; poster; dan iklan
* Media tidak terkontrol. Surat kabar; TV; dan radio
3 PERTIMBANGAN DASAR DARI PEMILIHAN MEDIA
* Audiensi
* Waktu yang tepat
* Anggaran
Sumber : Materi Presentasi Pak Zamzamy
No comments:
Post a Comment