Perencanaan Program PR berdasarkan kepada "Analisis Lingkungan Situasi dan Kondisi"
sebagai berikut :
sebagai berikut :
(Cutlip, Center & Broom)
1. A Searching Look Backward.
Penelusuran masa lampau atau sejarah organisasi untuk menetapkan faktor-faktor
yang memegang peranan penting dalam situasi yang terjadi.
2. A Deep Look Inside.
Penelaahan terhadap fakta-fakta dan pendapat yang dipertimbangkan dipandang dari
2. A Deep Look Inside.
Penelaahan terhadap fakta-fakta dan pendapat yang dipertimbangkan dipandang dari
sudut tujuan organisasi dan kemampuan internal organisasi.
3. A wide look around.
Melihat kecenderungan-kecenderungan yang ada pada berbagai aspek (politik, sosial
dan ekonomi) di sekeliling kita serta situasi dan kondisi saat ini untuk rencana
mendatang.
4. A long, long looks ahead.
Jauh memandang ke depan. Tujuan dan pelaksanaan program organisasi ditentukan
berdasarkan misi organisasi yang cukup realistik dan kemudahan dalam mencapai
tujuan.
Pokok-Pokok Perencanaan PR :
* Rencana Strategis
Rencana jangka panjang. Dibuat oleh manajemen level atas. Memuat keputusan terkait
dengan tujuan utama organisasi dan kebijakan dalam mengimplementasikannya.
Memprediksi masa depan.
* Rencana Taktis
Mengembangkan keputusan spesifik tentang apa yang akan dilakukan pada stiap level
organisasi dalam rangka melaksanakan rencana strategis. Fokus perhatian dengan
kejadian pada operasi harian suatu organisasi.
Tiga Dasar Hakiki Agar Rencana Program PR Dapat Berhasil
Dengan Baik :
Dengan Baik :
* Rencana Program harus dibuat dengan teliti dan harus didukung oleh pihak manajemen
* Rencana Program tersebut harus mempunyai tujuan
* Dilakukannya pengarahan mengenai Rencana Program tersebut
* Rencana Program tersebut harus mempunyai tujuan
* Dilakukannya pengarahan mengenai Rencana Program tersebut
Faktor Utama Rencana Program :
* Kegiatan yang akan dituangkan dalam bentuk proposal perencanaan kerja PR
* Perencanaan anggaran
* Perizinan dari pihak berwenang
* Strategi pelaksanaan suatu kegiatan
* Rapat/pertemuan periodik
* Perekrutan karyawan beserta job-description-nya
* Penyediaan sarana untuk hal-hal yang tak terduga
* Perencanaan anggaran
* Perizinan dari pihak berwenang
* Strategi pelaksanaan suatu kegiatan
* Rapat/pertemuan periodik
* Perekrutan karyawan beserta job-description-nya
* Penyediaan sarana untuk hal-hal yang tak terduga
Sumber : Materi Presentasi Bp Zamzamy
No comments:
Post a Comment