Tuesday, October 6, 2015

Profesionalisme Bekerja

Berperan sebagai pembantu pimpinan menjadikan profesi ini terkadang mendatangkan bad image terhadap seorang Sekretaris. Kerap kali terjadi kesalahpahaman karena tingginya intensitas pertemuan dan kolaborasi dengan pimpinan, bahkan tidak jarang yang menyalahartikan kedekatan Sekretaris dengan pimpinannya ini. Hal tersebut patut dimaklumi karena Sekretaris adalah salah satu orang terdekat pimpinan yang juga sangat memungkinkan menjadi tangan kanan seorang pimpinan di suatu perusahaan ataupun organisasi. Ketergantungan pimpinan pada peran Sekretaris menjadi sangat tinggi karena mayoritas urusan yang menyangkut perusahaan maupun pribadi pimpinan diatur oleh Sekretaris. Contohnya seperti pengaturan reservasi tiket dan hotel saat pimpinan melakukan perjalanan dinas, pengarsipan dokumen, menjadi notulen, menyiapkan materi presentasi, pengaturan agenda meeting dan janji temu, menjalin komunikasi bisnis dengan pihak internal maupun eksternal baik secara lisan maupun korespondensi, hingga hal-hal kecil lainnya yang sifatnya pribadi. Itulah mengapa hampir tidak ada perbedaan antara profesi Sekretaris dan Personal Assistant di Indonesia. Namun berbeda dengan beberapa negara maju lainnya, keprofesionalan seorang Sekretaris justru sangat diutamakan dan dihargai demi terwujudnya suasana bekerja yang nyaman dan menyenangkan.

No comments:

Post a Comment